Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11 Siap Download

Senin, 18 April 2011 0 komentar

Meski tampak lesu pada platform PC, tapi Opera jelas masih menjadi pilihan utama ketika pengguna perangkat bergerak (mobile device) berpikir untuk menambahkan browser bawaan. Opera Mini dan Opera Mobile saat ini digunakan lebih dari 3000 jenis perangkat dan oleh 100 juta pengguna di seluruh dunia. Jika sobat termasuk salah satu pengguna setia Opera, ada kabar baik untuk sobat karena Opera Software baru saja merilis update terbaru (22 Maret 2011) untuk dua produk andalannya Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11.

Apa saja yang baru di Opera Mini 6 dan Opera Mini 11?

· Yang paling pertama terlihat tentunya tampilan interface dan skin Opera Mini 6 yang kali ini benar-benar didominasi warna hitam setelah sebelumnya ada sentuhan warna meran pada bar bagian atas.

clip_image001

· Beralih ke pengalaman pengunaan, sobat akan merasakan respon yang lebih baik dan lancar ketika mengekspor sebuah halaman situs dengan scrolling (gerakan atas-bawah), panning (gerakan kanan-kiri) dan zooming. Melalui update terbaru ini Opera juga menambahkan kemampuan untuk melakukan Multi Touch Input, sehingga sobat dapat melakukan zooming dengan menggerakkan mencubit layar (pinch zooming), tentunya jika perangkat berlayar sentuh anda mendukung fitur ini.

clip_image003clip_image005

· Opera juga menambahkan fitur baru yang menurut Saya cukup menarik dan diberi nama “share”. Dengan mengakses Opera Mini atau Opera Mobile melalui Bluetooth, SMS, Email bahkan pengguna juga dapat berbagi link ini melalui akun Facebook atau Twitter yang dimiliki.

clip_image007

· Meski pada versi sebelumnya Opera Mini bisa diinstal pada perangkat tablet, namun Opera Software selaku pengembang meng-klaim bahwa update terbaru Opera ini sudah dioptimalisasi untuk penggunaan tablet demi peningkatan performa.

Seperti pendahulunya update ini juga dapat berjalan di berbagai sistem operasi. Opera Mini 6 tersedia untuk platform Java (J2ME), Android, BlackBerry and Symbian/S60, Sedang Opera Mobile 11 tersedia bagi Android, Symbian, Windows 7 Desktop (labs release), MeeGo (labs release) dan Maemo (labs release) platforms.

clip_image009

Opera Mini VS Opera Mobile

Banyak sekali pertanyaan seputar perbedaan dari kedua browser yang berasal dari satu induk ini, berikut perbedaannya:

· Opera Mini – Ketika pengguna membuka sebuah situs menggunakan Opera Mini, browser ini memanfaatkan server Opera untuk mengolah situs tersebut dengan mengurangi ukuran datanya hingga 90%. Pertukaran data yang lebih kecil tersebut pila yang menyebabkan waktu yang digunakan Opera Mini untuk membuka halaman situs jauh lebih cepat. Sehingga Opera Mini sangat cocok bagi pengguna internet yang tidak memiliki akses data unlimited.

· Opera Mobile – Sejatinya Opera Mobile merupakan cetakan paling mirip browser Opera versi desktop. Sehingga jika menggunakan browser ini anda bisa merasakan pengalaman menjelajahi dunia maya menggunkan ponsel atau tablet layaknya ketika menggunakan desktop. Apalagi browser ini mendukung fitur ciamik seperti HTML5 dan Full-High Fidelity Web Browsing. Opera Mobile bahkan menggunakan Opera Presto browser engine yang sama seperti pada Opera versi desktop. Sebaiknya sobat memiliki data plan unlimited untuk menikmati browser ini.

Jika Sobat Dunia Roy semua tertarik ingin mencobanya, silahkan kunjungi www.opera.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Dunia Roy | Roy Lamhot Situmeang