Ayo Kita Dukung Gerakan Green Website

Selasa, 29 Maret 2011 0 komentar
Mengetahui banyak website sudah mendukung gerakan ini, saya tertarik juga untuk mencoba. Apa sih sebenarnya Green Website itu? Green Website adalah sebuah solusi yang bisa Anda lakukan untuk berpartisipasi dalam mengurangi konsumsi energi, dengan cara mengaktifkan Standby Mode di website/blog Anda. Solusi tersebut adalah sebuah projek dari Online Leaf yang mempunyai misi untuk mengurangi konsumsi energi dari website yang banyak dikunjungi tiap harinya. 
Coba kita pikirkan, jika banyak orang browsing situs Anda setiap hari, hal-hal kecil seperti menampilkan sebuah halaman, beberapa warna putih atau animasi, meningkatkan konsumsi energi secara keseluruhan dari pembangkit website Anda. Online Leaf  mencoba untuk mengurangi emisi CO2 dari browsing situs, dengan tetap mempertahankan jumlah pengunjung yang datang. Dengan begitu kita juga bisa sedikit menghemat energi yang dipakai, lumayan kan dari sedikit tapi kalau yang melakukan banyak berarti yang bisa dihemat banyak juga.

Standby engine tersebut sangat mudah diimplementasikan di website Anda. Setelah diinstall (mencantumkan sebuah kode JavaScript di template Anda), mesin tersebut otomatis membuat layar blog Anda menjadi standby saat user meninggalkan website Anda dan browsing website lain. Hal itu mampu mengurangi brightness warna menjadi lebih gelap sehingga membutuhkan energi lebih sedikit bagi monitor untuk meng-generate. Layar standby tersebut juga menyembunyikan semua animasi dan efek visual sehingga tidak diproses. Ketika user kembali berinteraksi dengan website Anda, layar standby tersebut akan hilang dan tampilan akan kembali seperti biasa.
Jika Anda ingin berpartisipasi dalam penghematan energi, silahkan mulai dari blog Anda. Silahkan ke website Online Leaf untuk tahu bagaimana cara mengaktifkannya. Selamat mencoba !
Keterangan lebih lanjut, atau untuk mendukung gerakan tersebut, bisa mengakses Facebook Online Leaf.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Dunia Roy | Roy Lamhot Situmeang